Senin, 28 Januari 2019

Kunyit Putih dan Temulawak Bantu Atasi Gangguan Hati

- Januari 28, 2019
gangguan hati

Hati merupakan organ dalam yang memiliki peranan sangat penting untuk melancarkan metablisme tubuh. Hati memiliki ukuran paling besar diantara organ dalam lainnya. Hati juga berfungsi sebagai pembuang racun dalam tubuh. Saat kita mengalami gangguan hati, maka kesehatan akan ikut menurun.




Cara paling ampuh untuk mengatasi gangguan hati yang membuat kesehatan seluruh tubuh terganggu, adalah dengan menjaga pola makan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan rempah tradisional seperti temulawak dan kunyit putih sebagai salah satu cara menjaga kesehatan hati.

gangguan hati
Pict by Pinterest.com


Kunyit putih dan temulawak merupakan tanaman tradisional yang sering dijadikan obat tradisional. Resep turun menurun dari nenek moyang hingga kini, terbukti ampuh mengatasi masalah gangguan hati.

gangguan hati
Pict by Pinterest


Rimpang dari kedua tanaman tradisional ini memiliki senyawa kurkumin yang berfungsi sebagai anti oksidan, anti bakteri dan anti peradangan. Bukan hanya itu, senyawa kurkumin juga dapat menstimulasi bagian dinding kantong empedu untuk meningkatkan cairan dalam empedu yang berfungsi sebagai pemecah lemak.

Ada banyak sekali manfaat temulawak dan kunyit putih yang bisa Anda dapatkan selain untuk mengatasi masalah hati. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut ini:

Melindungi Lambung
Mengurangi rasa sakit
Melancarkan sirkulasi aliran darah
Menurunkan kolesterol dalam darah
Melindungi hati dari zat tonik yang berbahaya
Mengobati peradangan pada lambung
Melebarkan saluran pernapasan
Mampu mengobati hipertensi, kolesterol tinggi, dan sakit kuning
Mengobati penyakit asma
Melancarkan haid yang tidak teratur
Mengobati semua gejala penyakit flu, hidung tersumbat dan pilek
Mengobati semua masalah peradangan sendi
Memberikan stamina pada tubuh

Beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ramuan temulawak dan kunyit putih secara rutin. Bagi Anda yang menderita maag akut, ramuan temulawak dan kunyit putih juga memiliki manfaat yang terbukti ampuh.

gangguan hati
Pict by Pinterest


Adapun cara membuat ramuan temulawak dan kunyit putih ini cukuplah mudah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu rimpang kedua bahan tradisional tersebut. Kupas dan cuci bersih, setelah itu iris tipis keduanya, rebus dengan 2 gelas air bersih. Rebus hingga mendidih dan air menyusut menjadi 1 gelas. Saring, dan tambahkan sedikit madu agar ramuan tersebut terasa lebih nikmat.

Itulah beberapa manfaat tanaman tradisional temulawak dan kunyit putih. Selain memiliki manfaat sebagai obat untuk mengatasi gangguan hati, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti dapat meningkatkan nafsu makan anak dan mengobati penyakit asam lambung.

23 komentar:

Manda Poetry mengatakan...

Bermanfaat sekali infonya bebs...

Elly Almayra mengatakan...

Terima kasih ...

steffifauziah mengatakan...

Yampun saya baru tau bahwa ternyata kunyit putih dan temulawak bagus untuk hati. Paling enak emang dibuat minuman ya, hangat-hangat minumnya, seger banget pasti. Makasih mba sharingnya.

Haeriah Syamsuddin mengatakan...

Saya belum pernah lihat kunyit putih, kalau yang kuning mah banyak. Ternyata, banyak juga manfaatnya, ya..

Dewi Hepy mengatakan...

Cari di mana ya kunyit putih? Di pasar adakah? Nice share Mbak ๐Ÿ™

Salbiah mengatakan...

Oh ya, ya, makanya salah satu minuman ternama bahan dasarnya adalah kunyit... ternyata kunyit berkhasiat melancarkan haid.. Kunyit juga mudah didapat, harga terjangkau, dan awet, lebih tahan lama dibandingkan bahan dapur lainnya. Nambah ilmu lagi nih, makasih Mbak.

Lia Yuliani mengatakan...

Kunyit putih adakah? Baru tahu tentang kunyit putih, selama ini tahunya kunyit warna kuning. Makasih infonya, Mbak

Aprilely Ajeng Fitriana mengatakan...

tapi sepertinya biar jamu kalau kebanyakan juga tidak baik sih mbak. karena ada ayah kenalan yang sakit hati justru karena terlalu sering minum jamu begini.

Erny Note mengatakan...

Saya suka minum jamu mb...apalagi empon2 yang seperti mb ulas kunyit putih dan temulawak. Selain alami mmg mnfaatnya bnyk bngwt buat kesehtn tubuh kita. Thx yab infonya bermnfaat...

sri sekartadji mengatakan...

Bener banget mb, kalau mag saya kambuh langsung cari rimpang kunyit dan temulawak, alhamdulillah langsung mendingan. Terimakasih sharingnya mb

Hastin Pratiwi mengatakan...

Saya suka temulawak. Bikin nafsu makan juga, cocok buat saya yg kurus ๐Ÿ˜
Klo kunyit putih biasanya beli dalam bentuk minuman serbuk, belum pernah lihat yg asli langsung.

Rahma Weni mengatakan...

saya belum pernah lihat kunyit putih. Selama ini tahunya cuma kunyit kuning itu. trimaksih sharingnya mbk, kunyit putih beli dimana y?

Denny Lumban Gaol mengatakan...

Saya menyadari lingkungan sekitar kita kaya akan obat-obatan herbal kunyit dan temulawak ini. Hanya saja kita mungkin tidak tahu yang mana saja dan apa khasiatnya

www.grandysofia.com mengatakan...

Wah aku pas masih SD selalu dibikinin temulawak ini sama mama, jd aku kayak sering nginget2 kurkumin itu karena minumanku dulu hehe

admin mengatakan...

apalagi diminum anget-anget yaaaaaa
makinnnn nyussss

Siska Dwyta mengatakan...

Kunyit putih maksudnya kunyit yang berwarna putih ya Mbak? Sy baru tahu ada yang namanya kunyit putih, baru tahu jg ternyata kunyit putih dan temulawak bermanfaat banget buat hati ya. Thanks infonya mbak๐Ÿ˜Š

Muyassaroh mengatakan...

Di sini belum pernah melihat kunyit putih, kalau pas di kampung halaman banyak di pekarangan. Mungkin harus ke toko jamu kali ya mbak kalau mau beli...

PWWidayati mengatakan...

Memang banyak manfaat dari tanaman jahe dan sejenisnya ini ya mbak... Semoga sehat selalu

Ida Nurfitriana Minsanis mengatakan...

Trims infonya Mbak. Cara2 herbal begini sangat membantu dalam pemulihan dan menjaga kesehatan seseorang. Saya termasuk yang lebih memilih herbal dibanding obat kimia๐Ÿ™

Meilawati Nurhani mengatakan...

Wah makasih infonya mbak.. kunyit memang banyak manfaatnya untuk kesehatan.. saya sering coba utk kbat magh

Novya Ekawati mengatakan...

makasih mbak sharingnya, kombinasi herbal yang dapat mengatasi masalah persendian juga, pengen dicoba buat nanti mbak

Elly Almayra mengatakan...

Terimakasiih Sudah mau berkunjung...

Elly Almayra mengatakan...

Terimakasiih Sudah mau berkunjung...

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea