Sabtu, 19 Januari 2019

7 Tips Gali Bakat Menulis Bagi Pemula

- Januari 19, 2019

penulis pemula

Kamu punya keinginan terpendam dalam dunia literasi? Atau diam-diam suka menuliskan beberapa karangan dalam sebuah buku? Jika kamu ingin menjadi seorang penulis namun tidak tahu memulainya dari mana, berikut ini ada beberapa tips yang wajib kamu coba. Menulis bukanlah hal yang sulit. Namun, menulis juga bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi penulis pemula dalam membuat sebuah karya tulis yang indah dan menarik.



penulis pemula
pict by Pixabay


Untuk menjadi penulis besar tidaklah mudah. Semua membutuhkan proses yang panjang. Ingat, penulis besar juga berawal dari penulis pemula. Untuk itu, jangan pernah ragu untuk membuat karya tulis meskipun hanya sebaris kalimat namun penuh makna.
7 tips menjadi penulis pemula yang wajib kamu tahu!
  • Menentukan jenis tulisan yang akan kamu tulis

penulis pemula
pict by : Pixabay


Menentukan jenis tulisan baik itu berupa cerpen, puisi, novel, artikel atau opini merupakan tips pertama yang harus kamu lakukan. Tentukan genre dari tulisan yang akan kamu buat. Baik itu genre komedi, sedih ataupun romantis. Apakah tulisan yang akan kamu buat berupa tulisan fiksi atau non fiksi. Untuk menentukan jenis tulisan yang akan kamu tulis, ada baiknya memperhatikan bacaan yang selama ini paling menarik perhatian kamu. Karena jika kamu belum menentukan jenis tulisan apa yang akan kamu buat, maka untuk langkah selanjutnya akan mengalami kebingungan perihal apa yang seharusnya kamu tulis.

  •        Asah kemampuan menulis dengan rutin berlatih

Rutin melatih kemampuan menulis yang kamu miliki. Pastikan untuk membuat sebuah karya tulisan setiap hari. Untuk melatih kemampuan menulis, kamu bisa berlatih membuat kutipan atau bisa juga membuat cerita fiksi mini. Semakin sering kamu menulis maka akan semakin lancar dalam menuangkan ide-ide baru dalam karya tulis yang kamu miliki. Ingat, tidak akan ada orang yang mahir melakukan sesuatu tanpa melakukan latihan.

  •   Nikmati setiap proses dalam menulis dan jangan takut untuk bereksperimen

Bagi penulis pemula rasa bosan terkadang menghampiri, terlebih saat ide tak kunjung datang. Perasaan gelisah, galau bahkan kadang ada juga yang merana membuat mood menulis hilang seketika. Untuk mengatasi hal ini, kamu wajib mengubah mindset “aku tidak bisa menulis” menjadi ”aku pasti bisa menulis”. Selain itu, kamu juga harus berani untuk bereksperimen. Dalam artian, jangan hanya terfokus pada satu genre saja. Cobalah beberapa genre untuk mengenali potensi yang ada dalam diri di dunia literasi.
  •    Membaca lebih banyak buku dan menentukan waktu yang tepat untuk menulis
penulis pemula
pict by : Pixabay

Langkah selanjutnya dalah dengan membaca buku lebih banyak. Hal ini berguna untuk menambah kosakata yang kamu miliki. Jika tulisan yang kamu buat menggunakan kosakata yang bagus dan mudah dipahami, tentu akan menarik perhatian pembaca. Selain itu, tentukan waktu untuk menulis. Setidaknya kamu bisa menyisihkan waktu 1 atau 2 jam untuk menulis. Disiplin waktu ini sangat penting dalam dunia literasi.

  •  Catat semua ide yang ada dalam pikiran

Jika mucul sebuah ide dalam pikiran ada baiknya langsung menuliskannya dalam secarik kertas atau apapun untuk mengingat ide tersebut. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi lenyapnya ide yang muncul. Kamu perlu tahu, jika ide bisa muncul dimana saja dan kapan saja.

  • Minta saran pada teman untuk membaca karya yang kamu buat
penulis pemula
pict by shutterstock

Cara ini merupakan cara yang paling mudah. Kamu bisa meminta saran pada teman untuk membaca hasil karya tulisanmu. Minta juga pendapat dan kesan mereka saat membaca tulisanmu. Jika ada yang berkomentar tidak sesuai dengan keinginan, jadikan pembelajaran agar bisa menulis lebih baik dari yang sebelumnya.
  • Cari mentor dan mencoba kirim ke media
penulis pemula
pict by shutterstock

Langkah terakhir, kamu bisa mencari mentor yang benar-benar bisa dipercaya. Tak bisa dipungkiri, jika kita pasti memerlukan orang lain yang lebih berpengalaman dalam hal tulis menulis. saat ini, banyak sekalu penulis yang menggunakan sosial media. Bertemanlah dengan akun penulis-penulis ternama untuk mendapatkan ilmu dan juga mengetahui pengalaman yang telah dilalui.
Setelah yakin dengan hasil tulisan yang kamu buat, jangan ragu untuk mengirimkan naskah ke media, baik itu media online, koran ataupun majalah. Selain itu, kamu bisa mengikuti kompetisi menulis untuk mengukur kemampuan menulis yang kamu miliki.
Satu hal wajib yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang penulis adalah jangan mudah menyerah dan konsisten. Karena tanpa adanya konsiten yang tinggi, maka keinginan untuk menjadi penulis hanya sekedar keinginan semu. Tidak akan pernah menjadi kenyataan. Perbanyak membaca, memperluas wawasan, mencari informasi merupakan modal awal untuk membuat sebuah tulisan. Terus semangat meraih mimpi menjadi penulis ternama, Dear!                                                 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea