Sabtu, 19 Januari 2019

Menulis Terapi Mudah Menjaga Kesehatan Jiwa

- Januari 19, 2019

Setiap orang mempunyai karakter masing-masing dalam menghadapi masalah tertentu. Ada yang bisa leluasa mencurahkan semua yang dirasakan dengan bercerita pada teman, ada yang lebih suka bercerita di media sosial. Ada juga orang yang tidak suka bercerita pada siapapun, bahkan cenderung memendam semuanya sendiri. Biasanya orang yang memiliki karakter pendiam, lebih suka mencurahkan apa yang dirasakan melalui tulisan, baik dalam bentuk prosa atau puisi.

karakter pendiam



 Diantara beberapa karakter tersebut, kita akan membahas mengenai karakter terakhir yaitu Si Pendiam. Pemilik karakter ini lebih suka menuangkan apa yang ia rasakan melalui sebuah karya tulis. Tipikal ini sebenarnya bukan tipe orang yang anti sosial. Tetapi, ia merasa lebih nyaman jika apa yang dirasakan tidak diketahui orang lain.
Jika kamu termasuk dalam tipikal pendiam,  memendam semua masalah sendiri mungkin akan terasa lebih baik. Ada berbagai pertimbangan yang akan kamu pikirkan jika bercerita kepada orang lain. Mungkin karena takut mendapat komentar negatif, atau takut jika disalahkan.
Tahukah kamu, melalui tulisan kamu bisa meluapkan semua apa yang kamu rasakan. Entah itu perasaan senang, sedih, dilema, gelisah dan perasaan lain yang kamu rasakan. Mungkin terdengar agak aneh, akan tetapi dengan menulis kamu bisa melepaskan semua beban. Bukan hanya itu, menulis merupakan salah satu terapi jiwa yang paling mudah untuk dilakukan.
karakter pendiam
pict by Pixabay

Menurut seorang psikolog sosial asal Amerika, James W. Pennebaker, menulis merupakan terapi jiwa. Profesor Psikologi Liberal Seni Centennial, Universitas Texas di Austin ini juga dikenal sebagai Writing therapy. James W. Pennebaker juga telah membuktikan jika saat kita  menuliskan semua perasaan yang dialami, akan membawa pengaruh yang positif bagi kesehatan. Bahkan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

karakter pendiam
pict by Pixabay

Melalui  riset yang James W. Pennebaker lakukan, terbukti jika orang-orang yang menuliskan perasaannya melalui  diary (catatan harian)memiliki kekebalan tubuh yang baik. Karena secara tidak langsung dengan menulis, semua perasaan emosional baik sedih, marah , kecewa , bahkan senang bisa terlepas.

Untuk itu, mari kita mulai hari ini dengan menulis. Melalui tulisan kita mampu meninggalkan jejak. Dengan menulis kita bisa mengubah dunia. Jangan jadikan aktivitas menulis sebagai beban, justru jadikan tempat untuk meluapkan semua perasaan yang mengganggu pikiran. Sehingga bisa mendapatkan kesehatan fisik maupun emosi.
Penulis : Dewi Yanti, Pemalang, 19 January 2019


0 komentar:

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea