Rabu, 13 Februari 2019

Tanaman yang Ampuh Tangkal DBD

- Februari 13, 2019
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Wabah DBD semakin meningkat apalagi dimusim hujan seperti sekarang, curah hujan yang tinggi  menyebabkan banyak genangan air yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti.

wabah DBD



Wabah DBD merupakan wabah nasional yang terjadi hampir diseluruh kota di Indonesia bahkan di dunia, jika terlambat dalam penanganannya dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Oleh karena itu kita harus waspada dan lebih tanggap untuk menanggulanginya agar keluarga kita terhindar dari penyakit DBD.

Akibat kurangnya pengetahuan, kebanyakan dari kita selama ini lebih cenderung mengusir nyamuk penyebar wabah DBD dengan menggunakan obat penyemprot serangga. Sebenarnya Dinas Kesehatan di beberapa daerah sudah mencanangkan penggunaan tanaman pengusir nyamuk, sebagai cara alami mengusir nyamuk.

Berikut ini merupakan daftar tanaman yang dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk

Lavender
wabah DBD
Pixabay

Lavender (Lavandula) adalah tanaman dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Lavender populer dijadikan bahan dasar lotion antinyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate yang tidak disukai oleh nyamuk. Anda dapat  memeliharanya sebagai tanaman hias dan jika  ingin terhindari dari nyamuk, cukup dengan cara menggosokkan bunga ke seluruh bagian tubuh.

Serai
wabah DBD
Pixabay

Serai atau sereh (Cymbopogon citratus) merupakan jenis rumput-rumputan yang umum dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Namun jika diolah lewat cara penyulingan, serai akan menghasilkan minyak atsiri dengan kandungan sitronela tinggi yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya . Dan meskipun tanpa diolah tanaman ini dapat mengusir nyamuk.

Citronella
wabah DBD
Pixabay

Karena wanginya yang sangat segar citronella banyak digunakan dalam parfum, selain itu minyak esensial dan ekstrak dari tanaman citronella juga sangat efektif untuk menyingkirkan nyamuk. Bahkan dalam beberapa produk pengusir serangga dan nyamuk, ekstrak Citronella sudah banyak digunakan.

Basil atau Kemangi
wabag DBD
Pixabay

Biasanya kemangi atau basil ditanam sebagai bumbu dapur, untuk memberikan rasa lebih pada makanan. Namun tanaman ini juga bisa mengusir serangga dan juga nyamuk. Aromanya yang kuat dapat mengusir serangga dan nyamuk meskipun tanpa menghancurkan daunnya. Sehingga jika ditanam di rumah dapat melindungi keluarga kita dari gigitan nyamuk.

Selain menjadi tanaman hias beberapa tanaman yang telah disebutkan diatas juga memiliki manfaat utntuk mengusir nyamuk. Dengan membudidayakan tanaman diatas, secara tidak langsung kita telah melindungi keluarga kita dari wabah DBD. pemakaia bahan alami tentu lebih baik dibandingkan dengan bahan kimia bukan?

#Day5
#Setip
#EstrilookComunnity

18 komentar:

Nadella | Taruih Baraja mengatakan...

Apa citronella bisa ditemukan di Indonesia? Daerah mana?

Elly Almayra mengatakan...

Di Indonesia masih jarang Nad. Ada beberapa di daerah Bandung yang jual bibit citronella. Nad bisa liat di sini
https://www.gardener.id/jual/bunga-geranium-anti-nyamuk/

miyosi ariefiansyah (bunda taka) mengatakan...

Iyes mbaa
Kalau saya justru lebih suka pakai tanaman drpd lotion atau semprotan
Yang populer lavender y mb

Yuni Siti Nuraeni mengatakan...

Pakai kemangi dan sereh aja, deket rumah ada yg nanam.. Heheh murmer tapi berkhasiat

lithaetr mengatakan...

Wah terima kasih mba tulisannya. Jadi penasaran nih cara menggunakannya. Yang agak mudah dicari sereh dan kemangi ya

HAERIAH SYAMSUDDIN mengatakan...

Wah, baru tahu kalau tanaman-tanaman tersebut ampuh untuk menangkal DBD. Sayangnya, tanaman seraiku sudah dibabat habis.

Mega Rachma mengatakan...

Ga punya semua mba tanamannya. Paling diakalin pake lotion lavender aja buat menghindari nyamuk. Nice info mbak

Seftinaqurnia mengatakan...

Wah mba berguna banget ini artikelnya, memang DBD sedang mewabah sekarang harus super hati hati,

Aprilely Ajeng Fitriana mengatakan...

waah... pas banget nih artikelnya. kemarin tetangga gnatian yang kena cikungunya. terus ada temen dan anak2 mereka yanb kena DB. sepertinya memang lagi musim ya..

makasi ya mbak solusinya. coba untuk nanam juga ah.

Novya Ekawati mengatakan...

di pekarangan rumahku ada tanaman serai mbak, tanaman lavender baru mo cari suka warnanya ungu dan ternyata punya manfaat mengusir nyamuk juga

Kholifah Hariyani mengatakan...

Lumayan nih, di sekitar rumah ada tumbuhan sereh & kemangi.
Semoga nyamuknya pada minggat deh.

Hastin mengatakan...

Baru tau klo kemangi bisa menangkal nyamuk. Selama ini cuma dengar lavender,sereh & citronella.
Makasih infonya mbak Elly :)

Wiwid Nurwidayati mengatakan...

DBD, lagi musim ya. Kemarin pas di rumah sakit, dari 4 orang ya di rawat, 2 nya terkena DBD> padahal di Btam sudah lama nggak hujan, panas membara.
Btw citronella itu mirip daun pepaya, ya

Meilawati Nurhani mengatakan...

Wah makasih infonya mbak..tetanggaku udah 3 orang nih yg kena DB mudah2an kita semua terhindar dari DB ya mbak..

Ida Nurfitriana Minsanis mengatakan...

Saya menanam lavender dan serai. Ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk. Namun..menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting untuk melindungi diri dari gangguan nyamuk DBD ini🙏

admin mengatakan...

di belakang rumah mertuaku, lagi wabah DBD, udah berapa belas orang kena, moga-moga segera tertangani yaaaa. dan bumer naro serai di beberapa ruangan, katanya juga ampuh untuk ngusir nyamuk

Meykke Santoso mengatakan...

citronella itu kayu putih bukan ya mbak? Setuju bangettt..setelah DBD merebak,suami saya langsung beli minyak sereh dan ditetesin di tissue kemudian tissuenya dipasang di selasela jaring kipsa angin.Begitu kipas angin dinyalakan jadi semriwing. Sensasinya menenangkan dan bikin nyenyak tidur plusss nyamuk husssh jauh jauh.

Tatiek Purwanti mengatakan...

Wah, penting banget ya punya tanaman obat keluarga seperti di atas. Saya punyanya baru serai dan kemangi, tuh. Pengen deh nanam lavender

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea