Minggu, 24 Februari 2019

Novelis Indonesia Yang Patut Dijadikan Sumber Inspirasi

- Februari 24, 2019
Buku mampu mengubah isi dunia. Kita tentu sudah sering mendengar kalimat ini. Bukan hanya mengubah dunia, buku juga merupakan jendela ilmu bagi kita. Dengan membaca buku kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan. 

Sama halnya dengan buku ilmu pengetahuan yang berbasis non fiksi. Novel juga memiliki peranan yang sama, yakni memberikan ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Melalui sebuah cerita fiksi, kita bisa mengambil pelajaran yang tak ternilai. Novel mampu memberikan pengetahuan tentang makna kehidupan tanpa adanya kesan menggurui.




Dunia literasi saat ini berkembang sangat pesat. Kita bisa melihat berbagai macam tulisan muncul di setiap harinya. Terlebih saat ini sudah banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk mendukung aktivitas dalam hal tulis menulis. Sebut saja wattpad, blog, sweek, dan media online lainnya. Meskipun saat ini banyak media online yang menyediakan tempat untuk berbagai macam cerita, novel masih menjadi buku yang paling digemari.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang penulis, berikut ini merupakan daftar penulis Indonesia yang mendulang sukses pada setiap karya yang diterbitkan. Selain mampu menciptakan karya yang fenomenal, novel dari beberapa penulis Indonesia ini juga berkali-kali dicetak. Bukan hanya itu, penulis pentolan ini juga mampu menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak muda yang memiliki impian membuat sebuah novel.

Nah, kira-kira siapa saja ya? Simak ulasan berikut ini;

Asma Nadia

inspirasi penulis
Pict By Wikipedia


Siapa yang tidak kenal dengan penulis yang satu ini? Penulis novel dengan tajuk Assalamualaikum Beijing ini berhasil menjadi salah satu penulis yang memiliki banyak penggemar. Selain sukses membuat novel Best Seller, novel karya wanita berusia 45 tahun ini juga sukses saat difilmkan. Salah satu fim yang berhasil mendulang sukses adalah Surga yang Tak Dirindukan.

Bukan hanya itu, Asma Nadia juga memiliki lebih dari 20 judul novel yang telah diterbitkan. Asma Nadia memiliki penerbitan sendiri, penulis pentolan indonesia ini juga termasuk diantara 35 penulis dari 31 negara yang diundang dalam Lowa International Writing Program di Amerika Serikat.

Habbiburahman El Shirazy

inspirasi penulis
Pict By Biografi Tokoh


Penulis kedua yang bisa dijadikan inspirasi adalah Habbiburahman El Shirazy. Novelis yang lahir pada tanggal 30 September 1976 ini merupakan salah satu penulis yang sangat fenomenal melalui beberapa karyanya. Novel yang dibuat oleh novelis ini selalu menjadi novel Best Seller. Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih merupakan salah satu karya dari habbiburahman El shirazy yang mampu menarik minat pembaca.

Pidi Baiq

inspirasi penulis
Pict By Book My Show


Anda tentu sudah pernah menonton film yang sangat fenomenal Dilan 1990. Jika anda pernah menonton film Dilan, tentu Anda juga sudah paham siapa orang yang berhasil membuat cerita Dilan menjadi ciamik. Sebelum dijadikan film, novel Dilan 1990 telah terlebih dahulu terbit. Pidi Baiq, pria kelahiran 8 Agustus 1972 asal Bandung ini dikenal sebagai penulis novel Dilan. Beberapa karya lain seperti Dilan: Dia Dilanku Tahun 1991, Milea: Suara Dari Dilan, Asbunayah, Drunken Monster, Drunken Marmut, Drunken Mama, dan lain sebagainya.

Bukan hanya dikenal sebagai penulis saja, Pidi Baiq juga dikenal sebagai dosen, komikus, ilustrator, musisi dan pencipta lagu. Pidi Baiq juga tergabung dalam band yang berdiri sejak tahun 1995 yakni The Panas Dalam.

Andrea Hirata

inspirasi penulis
Pict By Wikipedia


Penulis inspiratif selanjutnya adalah Andrea hirata. Pria kelahiran 24 Oktober 1967 ini lahir di Belitung Timur. Salah satu karya dari Andrea Hirata yang mampu menarik perhatian minat pembaca adalah Laskar Pelangi. Maryamah Karpov, Edensor, Ayah dan Sang Pemimpi. Deretan novel Andrea Hirata merupakan novel yang dicetak lebih dari satu kali
.
Meskipun andea hirata berasal dari daerah yang tidak banyak orang tahu, namun berkat karyanya ia mampu dikenal oleh masyarakat luas. Bukan hanya itu, ia juga membuat novel yang mampu menyentuh hati.

Tere liye

inspirasi penulis
Pict By IDN


Siapa yang tak kenal denga penulis yang satu ini? Penulis yang dikenal melalui kalimat sederhana namun syarat akan makna. Dia adalah tere liye, seorang pria kelhiran Lahat 21 mei 1979 ini sukses menjadi penulis novel yang memiliki banyak peminat. Ada lebih dari 20 karya dari penulis ini yang masuk dalam jejeran novel Best Seller.

Selain beberapa penulis di atas, ada beberapa penulis lain yang bisa dijadikan inspirasi seperti Dewi "Dee" Lestari, Raditya Dika, Ayu Utami, Ika Natassa dan Ahmad Fuadi. Bahkan baru-baru ini ada banyak sekali nama penulis pendatang baru yang berhasil meraih keberhasilan melalui novel-novelnya seperti penulis muda Latisa Naraswari, Farradita dan masih banyak yang lainnya.


#Day 3
#Setip
#EstrilookComunnity

18 komentar:

Manda Poetry mengatakan...

Udah punya novelnya semua...dan emang mereka keren bgt sie.

Elly Almayra mengatakan...

kamu juga nanti mejeng bareng mereka nda ... hihihihi

lithaetr mengatakan...

Semoga mba bisa salah satu yang menginspirasi juga ya aamiin... Semangat berbagi ilmu terus ya mba ☺

Miftah mengatakan...

Saya udah punya novel mereka. Semua punya ciri khas masing2 dalam setiap tulisannya. Kalo soal koleksi, saya paling banyak ngoleksi novel Tere Liye, udah lebih 12 novel, hihi ^^

keposeru mengatakan...

Aku penggemar mereka semua. Karyanya gk cengeng. Dominan menginspirasi. the best lah pokoknya

Anggi Putri mengatakan...

Suka sama Andrea Hirata, Pidi Baiq :) semoga bisa seperti mereka melahirkan banyak karya

Erin Herlina mengatakan...

Cuma karyanya Pidi Baiq yang belum aku baca, bahkan film nya juga belum nonton. Bukan tidak suka hanya sedang menghabiskan timbunan dulu. Hehe...
Andrea Hirata favorite banget.

Novya Ekawati mengatakan...

aku pengemar karya-karyanya mbak asma nadia terutama yang jilbab traveler, kalo masih single rasanya pengen menjelajah dunia mempelajari peradaban islam seperti dia

Hastin Pratiwi mengatakan...

Suka dengan Habiburahman El Shirazy & Tere Liye, Dewi Lesyari juga oke punya. Kalo Asma Nadia agak melow, bikin baper :)

Dyah mengatakan...

Asma nadia seumurku... Tapi dia keren yah :))

Muyassaroh mengatakan...

Saya timnya Tere Liye..hihi..Pokoknya favorit banget Masya Allah. Dari sederhananya, karyanya, dan banyak hal.. :D

www.nanikkristiyaningsih.com mengatakan...

Asma Nadia, Pidi Baiq dan Tere Liye sih favorit saya.

Ida Nurfitriana Minsanis mengatakan...

Memang keren2. Saya senang membaca karya mereka ini. Alhamdulillah koleksi buku karya beliau2 banyak menghiasi rak. Terutama Asma Nadia, Habiburrahman El Shirazy dan Andrea Hirata, rasanya nggak ada judul buku yang terlewat dibeli. Semoga ke depan semakin banyak penerus mereka di dunia literasi🤗

Siska Dwyta mengatakan...

Semua yang novelis yang di atas saya suka karyanya apalagi novel-novelnya Tere Liye, duh favorit banget mah saya.

Mega Rachma mengatakan...

Semua novelisnya aku tau dan punya juga beberapa karya mereka. Patut jadi inspirasi nih. Keren-keren semua dengan ciri khas masing-masing

Tatiek Purwanti mengatakan...

Wow, semua novelist yg disebutkan di atas emang oke. Tapi yang paling spesial bagi saya adalah Asma Nadia karena beliau yg kali pertama saya kenal saat mulai tertarik dengan dunia literasi, sejak zaman majalah Annida.
Semuanya orang-orang cerdas karena bagi saya tidak mudah menerjemahkan pesan dalam bentuk novel.

Mis Juli mengatakan...

Saya mengagumi mereka para novelis indonesia. Dengan perjuangan mereka hingga kekonsistenan menulis mereka seperti ikon motivasi buat saya

Bundamami Devi mengatakan...

Novelist yang kesemuanya bikin lupa waktu kalo udah baca bukunya tuh. Memang mantap karya-karya mereka semua.
Semoga next time, nama mbak Elly yang menambah daftar panjang karya-karya best seller seperti mereka...
Semangattt mbak.

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea