Sabtu, 19 Januari 2019

Cara Terbaik Ajarkan Anak Sopan Santun Sejak Dini

- Januari 19, 2019
Memiliki anak yang cerdas, baik secara akademik maupun emosional tentu menjadi satu hal yang paling diinginkan orangtua. Namun sayangnya, tingkat kecerdasan akademik seeorang anak tidak bisa menjamin memiliki karakter yang baik. Tak bisa kita pungkiri, untuk saat ini sopan santun pada anak-anak menurun dengan drastis.

sopan santun pada anak




Dear, kamu perlu tahu, jika pendidikan sopan santun pada anak yang paling utama adalah dari keluarga. Sopan santun merupakan kebiasaan yang terbentuk dengan jangka waktu yang lama. Cara paling mudah mengajarkan budi pekerti yang baik pada anak adalah dengan teladan dari orangtua. Ingat, anak adalah peniru yang paling pintar. Saat kamu memberikan contoh yang baik, maka anak akan mengikutinya dengan sendirinya, tanpa harus diperintah.

Untuk mendidik anak agar memiliki tata krama sejak usia dini, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan, Dear. Salah satu diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Ajarkan sopan santun pada anak sejak usia dini
sopan santun pada anak
pict by Pixabay

Cara paling mudah adalah dengan mengajarkan sikap dan tutur kata yang baik sejak ia masih balita. Usahakan saat ia berusia 1 hingga 3 tahun sudah terbiasa dengan sopan santun. Mulailah dengan hal-hal sederhana terlebih dahulu. Misalnya, meminta izin, memberi salam, dan mengucap terimakasih.

Kebiasaan baik yang dilakukan sejak balita akan terbawa hingga ia dewasa kelak. Jangan menunggu anak beranjak besar baru mengajarkan sopan santun. Dan satu hal yang penting, jangan menyerahkan pendidikan sopan santun pada pihak sekolah sepenuhnya. Karena mengajarkan sopan santun pada anak merupakan tanggung jawab orang tua.

Jadi orangtua teladan yang baik
sopan santun pada anak
pict by Pixabay

Cara ini merupakan cara paling efektif dalam mengajarkan sopan santun pada anak. Dengan memberikan contoh dan menjadi teladan yang baik, maka anak akan memiliki kepribbadian yang baik juga. Pembentukan karakter anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang ada di sekitarnya, terutama orangtua.

Saat anak melihat kamu sebagai orangtua bersikap baik, maka anak akan menirukannya dengan mudah. Untuk itu, bersikaplah bijaksana dan jaga tata krama agar bisa menjadi teladan yang baik bagi anak.

l Ajarkan sopan santun dari hal-hal sederhana
sopan santun pada anak
pict by Pixabay

Cara ini juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengajarkan sopan santun pada anak. Kamu bisa menciptakan dunia menjadi lebih baik dengan mengajarkan perilaku baik sejak usia dini. Pastikan anak terbiasa dengan empat kata penting dalam berperilaku seperti maaf, tolong, permisi dan terimakasih. Kamu bisa mengajarkan anak mengucap kata permisi untuk meminta izin, dan kata tolong untuk meminta bantuan. Sedangkan kata terimakasih untuk mengungkapkan rasa syukur, karena telah mendapat kebaikan dari orang lain. Serta kata maaf untuk kesalahan yang diperbuat.

Dengan mengajarkan perilaku baik pada anak, kamu akan memiliki anak yang bisa membanggakan. Agar anak terbiasa dengan sopan santun, sebagai orangtua kita juga harus konsisten ya, Dear. Jangan pernah merasa lelah untuk mengajarkan hal-hal baik untuk anak. Selain itu, pastikan memberikan sebuah pujian saat anak berbuat suatu kebaikan. Hal ini berguna untuk membangun rasa kepercayaan dirinya, sehingga sopan santun pada anak akan tetap terjaga nantinya. 

4 komentar:

Syefrianidar mengatakan...

Makin mantul, El...😉😉😊

Elly Almayra mengatakan...

Terimakasiiih. 😊😊😊

HAERIAH SYAMSUDDIN mengatakan...

Penanaman adab-adab dan sopan santun memang seharusnya sudah diberikan sejak usia dini. Inilah yang banyak dilupakan para orang tua. Tak heran. kini banyak anak yang cerdas namun minim adab dan sopan santun. Semoga kita diberi kemudahan untuk mendidik anak-anak kita menjadi lebih baik.

Elly Almayra mengatakan...

aamiin .. Semoga kita bisa menjaga anak-anak kita ya, Mbak Haeriah.

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea