Jumat, 01 Maret 2019

Tips Sehat Menonton Televisi di Rumah

- Maret 01, 2019
Menonton televisi merupakan kegiatan favorit yang digemari oleh banyak keluarga. Menonton televisi bersama adalah saat yang menyenangkan karena dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga setelah disibukkan oleh kegiatan masing-masing. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menciptakan kebersamaan karena diselingi dengan canda tawa, mengobrol, bahkan ada yang sambil makan bersama dan bersantai bersama.
menonton televisi




Namun ternyata banyak orang yang tidak tahu bahwa menonton televisi seharusnya tidak asal menonton saja. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam menonton televisi yang baik dan benar. Hal ini sangat disarankan untuk menjaga kesehatan fisik terutama bagi kesehatan mata. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut ini :

Memilih Program Acara Televisi yang Ditonton
menonton televisi
Pexels


Pilihlah program acara televisi yang menginspirasi dan mengedukasi untuk semua anggota keluarga. Hal ini sangat disarankan, karena selain untuk mengisi waktu bersama keluarga, Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali hal positif yang dapat dipetik dan dijadikan pembelajaran.

Mengatur Jarak Saat Menonton Televisi
menonton televisi
Pexels


Ukuran ideal televisi yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia adalah 32 inci. Untuk itu sebelum membeli televisi pastikan Anda mempertimbangkan ukuran televisi dengan ruangan. Jangan sampai Anda salah memilih karena dapat menyulitkan Anda untuk meletakkan televisi tersebut. Peletakan televisi yang salah, akan berimbas pada kesehatan mata Anda.
Jarak meletakkan televisi sekitar 4,07 meter dari tempat duduk. Jika ukuran televisi 20 inci, jarak yang disarankan adalah 2,54 meter. Jadi jarak layar televisi ke mata penonton adalah lima kali diagonal layar. Diagonal layar adalah jarak ujung layar kiri atas ke ujung kanan layar bawah.

Memilih Jenis Produk Televisi
menonton televisi
Pexels

tips selanjutnya adalah dengan memilih produk televisi yang bagus dapat menghasilkan gambar yang baik, jernih dan detail. Selain itu, daya konsumsi listrik juga lebih hemat serta mata tidak mudah lelah saat menonton televisi. Saat ini sudah tersedia beberapa jenis televisi yaitu LED, Full HD, dan UHD. Untuk rumah minimalis lebih disarankan untuk memilih jenis televisi LED. Sedangkan untuk ruangan yang tergolong luas bisa memilih televisi dengan jenis Full HD dan UHD.

Mengatur Cahaya Ruang
menonton televisi
Pexels

Peletakan ruang televisi sebaiknya memperhatikan paparan sinar matahari atau cahaya ruangan agar tidak menganggu tampilan layar televisi. Sumber cahaya lain yang lebih terang dapat membuat televisi memantulkan cahaya tesebut sehingga dapat mengurangi ketajaman gambar. Sebaiknya menyalakan lampu ruangan ketika menonton televisi agar pupil tidak bekerja terlalu keras menangkap cahaya televisi.

Penempatan Televisi
menonton televisi
Pexels

Biasanya televisi diletakkan di ruang keluarga, namun saat ini banyak yang meletakkan televisi di ruang makan bahkan di kamar tidur. Pemasangannya pun juga beragam, ada yang diletakkan di atas meja, di dalam almari televisi, tetapi banyak pula yang dipasang di dinding. Diletakkan dimana saja tetapi sebaiknya harus memperhatikan jarak pemasangan dengan tempat Anda duduk menonton televisi. Ketika Anda menonton mata Anda terasa lelah dan leher kepala mendongak, maka hendaknya Anda mengubah posisi televisi. Menonton dengan kondisi tidak nyaman dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Membatasi Waktu Menonton Televisi
menonton televisi
Pexels

Aturlah waktu dalam menonton televisi, jika terlalu lama dapat mengakibatkan mata lelah, dan berdampak pada kesehatan mata. Selain itu kesehatan tubuh juga terganggu karena tubuh kurang gerak. Saat menonton televisi sebaiknya sesekali mengistirahatkan mata dengan berkedip atau memejamkan mata dan melihat ke kejauhan, terutama melihat tumbuhan yang berwarna hijau seperti daun, pohon dan tanaman hijau lainnya.

Beberapa tips di atas bisa menjadikan acuan dalam menonton televisi secara sehat dan benar. Pastikan jika acara yang Anda tonton merupakan acara yang bermutu dan mengedukasi.

#Day10
#Setip
#Estrilookcomunity

0 komentar:

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea