Kamis, 07 Februari 2019

Tips Agar Anak Balita Tidur Tepat Waktu

- Februari 07, 2019
Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dari aktivitas harian. Selain itu, tidur juga merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap orang, baik dari kalangan dewasa maupun kalangan anak-anak. Ada banyak sekali manfaat tidur bagi kesehatan, terutama bagi perkembangan otak anak. Mengingat pentingnga manfaat tidur bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, maka penting bagi kita sebagai orang tua memastikan jika anak kita bisa tidur tepat waktu.

tidur tepat waktu



Namun sayangnya, tidak semua anak nurut untuk tidur tepat waktu, ya Dear. Karena saat ini, masih banyak anak-anak yang tidur larut malam. Banyak yang  mengatakan jika hal ini disebabkan karena anak-anak tidur siang. Sehingga menyebabkan ia kesulitan untuk memejamkan mata di malam hari. Jika kita menuruti keinginan anak tidur larut, maka bisa berakibat pada gangguan kesehatan yang akan ia alami.

Dalam pertemuan kita kali ini, akan saya ulas beberapa cara agar anak bisa masuk kamar dan tidur tepat waktu, sehingga kesehatan dan kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Agar anak bisa tidur tepat waktu, berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan.

Tegas Dalam Menentukan Waktu Tidur

tidur tepat waktu
Pict By Pixabay


Langkah pertama, pastikan Anda membuat aturan tentang waktu tidur yang pas dan sesuai dengan kebutuhan anak. Misalnya, anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur minimal 9 hingga 12 jam. Maka usahakan anak masuk kamar tepat di jam delapan malam.

Matikan Televisi Satu Jam Sebelum Tidur

tidur tepat waktu
Pict By Pixabay


Langkah selanjutnya dengan mematikan televisi baik yang di luar maupun yang ada dalam kamar. Pastikan jika balita tidak terfokus pada televisi atau hal lainnya yang membuat ia susah untuk tertidur. Selain itu, cahaya dari monitor televisi maupun komputer juga menghambat produksi hormon melatonin, hormon terpenting dalam siklus tidur. Saat hormon melatonin berada dalam tingkat tertinggi, maka bisa dipastikan anak akan mengantuk dan mudah terlelap.

Buatlah Kebiasaan Baik Sebelum Tidur

tidur tepat waktu
Pict By Pixabay


Buatlah suasana santai dan menyenangkan sebelum tidur, Anda bisa mendongeng atau mengajak anak bercerita. Seperti kita ketahui, mendongengkan sebuah cerita pada anak dapat memberikan dampak positif seperti menanamkan etika atau nilai-nilai kehidupan. Bukan hanya itu, dengan mendongeng Anda bisa merangsang minat baca anak-anak. Dengan membuat suasana santai dan menghibur bisa dipastikan bisa membuat anak cepat mengantuk dan tertidur.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

tidur tepat waktu
Piict By Pixabay


Tips selanjutnya adalah dengan menciptakan lingkungan tidur yang menyenangkan. Pastikan tidak ada mainan dalam kamar, karena bisa membuat anak susah tidur. Pemilihan cat ruangan juga berpengaruh pada siklus tidur anak. Pilihlah warna yang tenang dan sedikit gelap agar anak bisa membedakan siang dan malam. Saat anak mengetahui hari sudah malam pasti akan lebih cepat tertidur. Anda juga bisa mematikan lampu kamar dan diganti dengan lampu tidur, agar anak bisa lebih cepat terlelap.

Jaga Suhu Agar Tetap Dingin

tidur tepat waktu
Pict By Pixabay


Bukan hanya cahaya saja yang berpengaruh pada siklus tidur anak, suhu dalam ruangan juga memiliki pernan penting agar anak bisa terlelap. Jika suhu dalam kamar terlalu panas,anak-anak akan sulit untuk memejamkan mata. Untuk itu, pastikan suhu dalam kamar terjaga. Anda bisa menggunakan pendingin ruangan baik itu AC, kipas angin dan exhaust.

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan agar anak bisa tidur tepat waktu. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah dengan konsisten dan disiplin saat mulai menerapkan waktu tidur. Saat anak terbiasa dengan jam tidur yang telah ditentukan, maka bisa dipastikan jika ia tidak akan tidur larut malam.

#Day2
#SETIP
#Estrilook Community

16 komentar:

Seftinaqurnia mengatakan...

Kalau biasanya aku menerapkan cara pertama dan kedua mba, karena aku dan suami Ndak bisa begadang paling lambat jam 9 anak harus Uda tidur dengan dibawa ke kamar tidur dan matikan TV, alhamAlhamdul dengan cara kayak gitu dari bayi 4M sampe sekarang 2 Y gak pernah ada acara begadang kecuali kalau dia lagi sakit

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Yang penting pembiasaan sejak dini dan disiplin serta konsisten ya mb... Jadi pola tidur anak bisa terbentuk. Ok mb... Tfs...

MIFTAH mengatakan...

Kami termasuk yang tegas menetukan waktu tidur, karena kami orang tuanya pun bukan yang sanggup begadang. Alhamdulillah, anak2 bahkan sudah bisa mengerti rutinitas sebelum tidur, termasuk mematikan tivi. ^^

Haeriah Syamsuddin mengatakan...

Alhamdulillah, kami termasuk tegas dalam menetapkan waktu tidur anak. Kasihan juga sih, kalau terlambat tidur, jatah tidurnya menjadi tidak tercukupi. Apalagi, pagi-pagi sekali (usai shalat Subuh) anak-anak sudah harus bersiap ke sekolah karena sekolah masuk pukul 7.15 sementara waktu subuh pukul 6 lebih sedikit.

Riska Nuraini mengatakan...

Makasih mba tipsnya, kebetulan anakku termasuk yg sering tidur malam (4 thn). Nanti dicoba deh tips nya

Nur Widyastuti mengatakan...

Anak-anak saya tidur malam masih belum teratur, dan saya pun belum tegas nih mb.
Mereka saat liburan, tidurnya sampai larut, ya saya biarkan. Jadi hari biasa kadang larut juga tidurnya.

Kholifah Hariyani mengatakan...

Pembiasaan memang menjadi kunci anak-anak jadi mudah melakukan apapun ya, Mbak, termasuk tidur tepat waktu. Anak saya saya kondisikan tidur dalam gelap, jadi kalau mau tidur dia biasa minta mematikan lampu.

Aprilely Ajeng Fitriana mengatakan...

makasi sarannya mbak. saya juga pernah dikasih tahu teman saya, kalau mau anak cepat tidur, lampu juga harus dimatikan semua di jam tidur. ini untuk mengkondisikan anak juga.

Muthmainnah nasaru mengatakan...

Saya belum punya anak.. jd tulisan ini sangat membantu saya dikemudian hari. Smga bulan depan sudah dikaruniai anak ya Allah.. aamiin

Ida Nurfitriana Minsanis mengatakan...

Di keluarga saya, anak-anak akan lebih mudah tidur saat semua lampu dipadamkan. Kebiasaan ini dilakukan sejak mereka kecil hingga saat ini. Tidak lama begitu lampu dipadamkan...mereka akan pulas tidur...walaupun jadwalnya lebih cepat dari hari biasanya.

Siska Dwyta mengatakan...

Nggak tahu ya klu anakku sudah balita, klu di umurnya yang masih 6 bulan ini emang udah saya biasakan jam tidurnya itu ba'da isya atau paling lambat jam 9... tpi sarannya noted dulu nih

Tatiek Purwanti mengatakan...

Alhamdulillah, si Kakak sudah terbiasa tidur jam 8-9 malam sejak TK. Jadi saat bangun pagi ga ada masalah.
Nah, adeknya yg masih 2 tahun ini yang sekarang agak susah. Walau sudah Di atas tempat tidur, didongengin, diajak baca buku, diajak baca doa, maunya Masih melek Dan main. Masih jadi PR saya, nih.

PWWidayati mengatakan...

Makasih sharingnya mbak, anak saya nih tipe yang susah tidur

Muyassaroh mengatakan...

Wah, terima kasih sharingnya. Kalau di rumah biasanya baca buku dulu sebelum tidur. kalau belum baca jadi lama mau tidurnya...hihi.

Novya Ekawati mengatakan...

aku juga menerapkan ini mbak sejak anak-anak kecil, jadi sampai sekarang mereka dah hafal jam 8 malam waktunya tidur, kadang malah mereka dah mengantuk padahal siangnya kadang tidur siang juga

www.grandysofia.com mengatakan...

Iya bener banget ya, hormon melatonin juga ngaruh banget sama orang dewasa kan bun. Aku makanya prefer ga ada TV d kamar sih hehe

Posting Komentar

 

Elly Almayra Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea